GERMANY WINS, SEE FULL RESULTS!

Oslo, Norway – Setelah voting yang dilakukan oleh 18.000 penonton di Arena Telenor Oslo yang terisi penuh dan jutaan pemirsa TV di seluruh Eropa, akhirnya Lena dari Jerman yang menerima jumlah poin tertinggi dari televoter dan juri, di antara 39 negara yang berpartisipasi tahun ini dalam edisi pertunjukkan TV Favorit Eropa! Jerman berhasil mengumpulkan seluruhnya 246 poin, diikuti oleh maNga dari Turki dengan 170 poin dan Ovi & Paula Selling dari Rumania yang mengumpulkan 162 poin.

Eropa menggemparkan pemirsa dengan pertunjukkan yang mendebarkan hati langsung dari Arena Telenor Oslo, tanggal 29 Mei 2010, dengan 25 aksi panggung dari 25 negara memberikan penampilan terbaik mereka di grand final Eurovision Song Contest 2010.

Dari dua Final Semi, sementara tuan rumah Norwegia dan yang disebut ‘Big Four’ – Perancis, Jerman, Spanyol dan Inggris – secara otomatis ditetapkan untuk masuk Final. Setelah 39 negara berpartisipasi, ternyata yang beruntung adalah Lena dari Jerman sebagai pemenang dengan lagu yang berjudul Satelite, berhasil mengumpulkan 246 poin.

Menarik sekali muncul entah dari mana – terlepas dari video dance buatan sendiri dan beberapa upaya yang dilakukan dengan band sekolahnya – Lena menaklukkan hati penonton saat terpilih di final pemilihan nasional Jerman untuk Eurovision Song Contest. “Saya tidak memberitahu teman-teman saya soal casting pertama saya untuk pertunjukan ini, jadi tidak akan ada komentar bodoh jika saya ditendang keluar” katanya, sambil memikirkan demam panggung yang mengerikan itu. Meskipun Lena menekuni dunia dance selama masa kecilnya – dari Ballet ke Jazz dan Hip Hop – ia berpaling ke musik tanpa les piano atau kursus vokal. Tapi dia punya kesempatan, meraih apa yang dia inginkan dan berkembang pesat. Langsung setelah final nasional Jerman, singlenya Satelite berhasil masuk chart nasional dan bertahan di chart selama berminggu-minggu. Lena bahkan menciptakan rekor download baru di Jerman: belum pernah ada lagu yang terjual dengan sangat baik dalam waktu singkat!

Pemenang diputuskan dengan menggabungkan 50% televote dan 50% juri. Untuk tujuan ini, juri nasional yang terdiri dari lima juri professional dari industri musik bertemu dengan 39 negara yang berpartisipasi dalam kontes ini untuk menentukan peringkat lagu di Eurovision Song Contest, yang memberikan 12 poin untuk lagu favorit pertama mereka, 10 poin untuk favorit kedua, dan seterusnya. Hasil penilaian dari lima anggota juri tersebut akan ditambahkan dan dicatat sebesar 50% kemudian digabungkan dengan hasil televoting.

Sebagai catatan, perwakilan Spanyol, Daniel Diges dengan lagunya Algo Pequeñito (Something Tiny) terganggu oleh penonton yang melompat ke panggung yang merusak penampilannya, menurut aturan, dia berkesempatan mengulang penampilannya di atas panggung segera setelah semua kontestan lain perform.

Eurovision Song Contest 2010 Final

(Sumber : Eurovison.tv) 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s