New Kids On The Block

New Kids on the Block adalah boy band Amerika yang sukses di akhir 1980-an dan awal 1990-an sebagai boy band yang telah menjual 80.000.000 kopi album di seluruh dunia. Terbentuk di Boston pada tahun 1984 oleh produser Maurice Starr, anggotanya adalah dua bersaudara Jordan dan Jonathan Knight, Joey McIntyre, Donnie Wahlberg, dan Danny Wood. Setelah bubar pada tahun 1994, beberapa upaya dilakukan untuk menyatukan mereka kembali tetapi semuanya gagal. Setelah diam-diam bersatu kembali pada tahun 2007 dan rekaman CD baru, group ini merilis album baru dan memulai tour konser di tahun 2008. Album yang berjudul The Block dirilis pada tanggal 2 September 2008.

1984-1985: Early Years

Pada awal tahun 1980, Maurice Starr menemukan kwintet R&B/Pop (kemudian Sextet) Edisi Baru yang memandu awal kesuksesan mereka. Setelah putus hubungan dengan mereka, Starr dan mitra bisnisnya, Mary Alford, berusaha untuk membuat group kulit putih. Audisi diadakan di Boston, di mana sekitar lima ratus anak laki-laki remaja mengikuti audisi. Salah satu dari mereka adalah remaja 15 tahun Donnie Wahlberg, yang langsung mengesankan Starr dan Alford dengan kemampuan rap dan kelincahan menarinya, dan langsung saja Wahlberg menjadi anggota pertama group. Wahlberg membantu untuk merekrut anggota lain. Di antara mereka adalah adiknya Mark, dan sahabatnya Danny Wood. Dia juga membujuk teman sekolahnya Jordan Knight, yang punya kemampuan falsetto yang luar biasa untuk mengikuti audisi. Setelah Knight lolos lewat audisi, kakaknya Jonathan (juga memiliki vocal yang kuat) juga diterima bergabung dengan group.

Sebagai group baru, Mark tidak menyukai arah bubblegum group ini dan memilih untuk keluar. Salah seorang teman Donnie di lingkungan tempat tinggalnya, Jaime Kelley, menggantikan Mark. Kelley, meskipun, pada akhirnya dipecat karena kurang konsentrasi dan kurang disiplin. Starr menggantinya dengan remaja berumur 12 tahun Joey McIntyre, yang awalnya kesal untuk menjadi orang yang harus menggantikan teman mereka. Setelah semua member sudah terkumpul, di tempat Starr, mereka rajin berlatih setelah pulang sekolah dan di akhir pekan, dan akhirnya group ini (saat itu bernama Nynuk) mendapat kontrak rekaman di Columbia Records. Namun, Starr diminta oleh pihak label untuk mengubah nama group. Selanjutnya mereka menetapkan New Kids on the Block sebagai nama group mereka.

1986: New Kids on the Block (debut album)

Pada bulan April 1986, Columbia Records merilis debut album self-titled yang hampir seluruhnya ditulis dan diproduseri oleh Maurice Starr, memasukan materi-materi bubblegum yang terkenal di pertengahan tahun 80-an. Single pertama, “Be My Girl” mulai diputar di sekitar Boston, namun gagal untuk menangkap perhatian nasional. Single kedua “Stop It Girl,” bernasib lebih buruk lagi. The New Kids selanjutnya menggelar tour di sekitar negara bagian New England, bernyanyi dimanapun Starr membawa mereka: di bar, acara dansa sekolah, dan club. Namun, Starr tetap rajin dan membujuk pihak label untuk mengizinkan group merekam album kedua. Bagaimanpun, mereka kemudian menerima disertifikasi triple platinum dari RIAA, terutama pada kekuatan popularitas group dicapai dengan album berikutnya.

1988-1989: Hangin’ Tough

Setelah kegagalan album pertama, Starr membawa mereka kembali ke studio merekam album kedua yang sebagian besar dikerjakan antara tahun 1987 dan 1988. Tidak puas dengan suara yang terlalu bubblegum di album pertama, group ini ingin memiliki input lebih seperti penampilan, arah dan materi lagu. Akibatnya, Donnie, Danny dan Jordan menerima kredit associate producer pada produk akhir album mereka. Single pertama adalah “Please Don’t Go Girl,” sebuah single ballad yang dirilis pada musim semi 1988. Kegagalan tampaknnya ditakdirkan untuk kedua kalinya ketika lagu ini menjadi asing ditelinga para pendengar dan Columbia Records berencana untuk men-drop Anak-Anak Baru ini dari label mereka. Pada jam sebelas, entah karena apa, sebuah stasiun radio di Florida mulai memutar lagu tersebut. Dan segera menjadi lagu yang paling diminta dalam play list mereka. Ketika Columbia menangkap kabar angin respon positif tersebut, mereka memutuskan untuk tidak mengusir Anak-Anak Baru itu dan malahan lebih berupaya untuk mempromosikan single tersebut. Columbia memutuskan untuk kembali syuting video musik untuk “Please Don’t Go Girl”, mempekerjakan Doug Nichol, dan mengirim video tersebut ke ribuan stasiun radio di seluruh negeri untuk pertunjukan visual group sebagai daya tarik. Perhatian segera diikuti secara nasional dan “Please Don’t Go Girl” akhirnya naik ke posisi 10 Billboard Hot 100 Singles Chart. “Please Don’t Go Girl” menjadi hit pertama New Kids on the Block yang berhasil masuk tangga lagu Billboard.

Album kedua New Kids on the Block, Hangin’ Tough, dirilis dalam keriuhan kesederhanaan pada bulan September. Sementara itu, group itu tampil di televisi nasional pada program musik seperti Showtime at the Apollo dan Soul Train. Mereka kemudian sebagai opening konser teen-pop Tiffany di US selama tour konsernya. Penjualan Hangin’ Tough terus meningkat dan mulai dikenal secara luas. Pada akhir tahun itu, single kedua dari album Hangin’ Tough “Got You It (The Right Stuff)” dirilis. Lagu ini memberi dorongan besar ketika MTV memperhatikan group dan mulai menayangkan video mereka secara teratur, termasuk penampilan di MTV Club. Pada awal tahun 1989, “Got You It (The Right Stuff) berhasil masuk lima besar. Hit The New Kids on the Block berikutnya yang tidak kalah lebih sukses adalah single “I’ll Be Loving You (Forever),” yang mencapai nomor 1 di Billboard Hot 100 Singles pada bulan Juni. Grup ini dijadwalkan untuk membuka untuk konser Tiffany sekali lagi pada tour kedua, tapi tiba-tiba disebabkan oleh popularitas mereka yang kini terbalik, Tiffany akhirnya membuka konser mereka (meskipun kedua pertunjukan tersebut secara teknis disebut sebagai “co-headliners”).

Ada lima single dari album Hangin’ Tough, single yang menyusul pada musim panas dan musim gugur adalah “Hangin’ Tough” dan “Cover Girl.” Columbia Records juga merilis single “Didn’t I (Blow Your Mind This Time” dari album debut yang diabaikan group sebelumnya. Lagu ini menempati posisi 8 di Billboard Hot 100 Singles. Dengan kekuatan popularitas group dan secara efektif penjualan album juga menggila. Pada akhir 1989, Hangin’ Tough naik ke nomor satu di Billboard 200 Albums Chart dan diganjar delapan kali platinum. Mereka, kemudian, menjadi the first ‘teen’ act yang mengumpulkan lima hits sepuluh besar dari satu album

Sementara itu, tercatat salah satu dari sepuluh besar album pengisi liburan adalah Merry, Merry Christmas, dirilis pada musim gugur dengan hit “This One’s for the Children” mendapat double platinum di Amerika Serikat yang hasilnya disumbangkan ke United Cerebral Palsy, organisasi amal favorite group. Hangin’ Tough bertahan selama 132 minggu di chart, dan pada bulan Januari 1990, album ini memenangkan dua American Music Awards untuk “Best Pop/Rock Album”, dan “Best Pop/Rock Group.” Dengan keberhasilan “Didn’t I (Blow Your Mind),” “Cover Girl,” and “This One’s For the Children,” group memecahkan prestasi langka yang memiliki tiga single di Billboard Hot 100 pada saat yang sama, tetapi masing-masing dari album yang berbeda.

Columbia Music Video juga merilis video keluarga “Hangin’ Tough”, sebuah film dokumenter yang disutradarai oleh Doug Nichol dan diproduseri oleh Bryan Johnson, yang termasuk empat hit video musik mereka dan konser live yang direkam selama tour di tahun 1989. Film tersebut mencapai penjualan besar-besaran, sampai-sampai masuk nominasi Grammy Award untuk kategori Best Long Form Music Video dan merupakan salah satu video musik dengan penjualan terbesar sepanjang masa. Dan lebih ‘gila’ lagi, negara bagian Massachusetts menyatakan tanggal 24 April 1989 sebagai “New Kids on the Block Day.”

1990-1991: Step by Step

Pada awal tahun 1990, New Kids on the Block telah menjadi salah satu artis yang paling populer di Amerika. Pada bulan Mei, mereka melanjutkan kesuksesan “Hangin’ Tough” dengan “Step By Step”, dimana lebih dari setengah lagu di album tersebut ditulis dan diproduseri sendiri oleh anggota group. Single pertama, “Step By Step”, melesat ke nomor satu di Billboard Hot 100 Singles dan menjadi penjualan single terbesar. Kesuksesan single pertama juga diikuti oleh single kedua “Tonight,” berhasil masuk top 10 di Billboard yang memperpanjang single-single mereka berhasil masuk top 10, dengan “Tonight” tercatat sebagai single ke-sembilan yang berhasil masuk top 10 tangga lagu Billboard.

“Let’s Try It Again” hit nomor 8 di UK Singles Chart, sementara “Baby I Believe In You” menjadi jawara di chart Jepang, yang lebih lanjut mencerminkan group ini punya daya tarik internasional. Album ini akhirnya bersertifikat triple platinum, terjual hampir dua puluh juta kopi di seluruh dunia.

Group ini menyelenggarakan konser yang diperkirakan sebanyak dua ratus konser setahun, dengan tour konser musim panas di seluruh dunia, berjudul The Magic Summer Tour, disponsori oleh Coke. Di tahun 1990 mereka dibayar khusus per view yang mencetak sejarah dalam layanan TV kabel pada waktu itu. Selama masa ini, NKOTB menjadi sangat suka dagangan. NKOTB melisensi barang dagangan termasuk kotak makan siang, tombol, T-shirt, buku komik, boneka, kartu perdagangan dan bahkan acara kartun di Sabtu pagi yang menyerupai mereka. Pada tahun 1991, penjualan barang-barang yang telah dilisensi diperkirakan mencapai US$ 400 juta.

Fan club resmi New Kids on the Block beranggotakan lebih dari 200.000 anggota dan merupakan salah satu klub penggemar terbesar di Amerika. Kira-kira seratus ribu panggilan per minggu yang keluar lewat Hotline resmi NKOTB. Pada tahun 1991, Forbes menobatkan mereka di posisi nomor 1 sebagai entertainer dengan bayaran tertinggi, mengalahkan Michael Jackson, Madonna, Prince, dan Bill Cosby. Lebih jauh memanfaatkan ketenaran, di akhir tahun, Columbia Records merilis No More Games/The Remix Album, berisi kompilasi hit-hit teranyar group yang diremix, album ini juga menghasilkan dua single yaitu “Call It What You Want” (UK #12) dan “Games” (UK #14) dimana video musik dari kedua single tersebut juga dirilis.

Tidak ada materi baru dirilis pada tahun 1991, tapi terbang ke luar negeri dan terus tour di seluruh Eropa dan Asia. Musim panas itu, Wood dan Wahlberg membantu menulis dan menghasilkan debut album Marky Mark and Funky Bunch yang digawangi oleh Mark Wahlberg, kakak Donnie dan juga mantan anggota New Kids. Album Mark Wahlberg tersebut mencetak hit nomor satu dengan single “Good Vibrations” dan sebuah album platinum.

1992: Allegations of lip syncing and waning popularity

Pada awal tahun 1992, group ini merilis single “If You Go Away.” Lagu ini menempati posisi 16 di chart AS dan posisi 9 di tangga lagu Inggris. Sementara itu, industri musik saat itu masih belum pulih oleh skandal lip-sync yang menimpa Milli Vanilli, New Kids on the Block juga mengalami nasib yang hampir sama tapi tidak seburuk dan seseram Milli Vanilli. Mereka dituduh lip-sync oleh Gregory McPherson, guru musik yang dikenal sebagai produser dan string arranger, pada album ketiga New Kids on the Block, Step By Step. McPherson menuduh Maurice Starr mengisi vokal mereka sementara group mensinkronisasikan bibir mereka dengan vokal pra-rekaman selama pertunjukan live. McPherson juga mengajukan pelanggaran kontrak dan gugatan pelanggaran kreatifitas terhadap Starr. Group ini segera menanggapi tuduhan tersebut dan walau sementara tour di Australia, mereka langsung terbang ke Los Angeles untuk pertunjukan live di The Arsenio Hall Show. Setelah penampilan medley dari hits mereka sebelumnya dan single baru mereka, group ini (bersama Starr) diwawancarai oleh Hall. Group ini mengaku menyanyi dengan track pendukung selama pertunjukan live dan juga mengakui bahwa Starr bernyanyi pada beberapa bagian sebagai background vocals.

Pada tanggal 10 Februari 1992, New Kids mengajukan gugatan fitnah melawan McPherson mengenai tuduhan lip-sync. Pada bulan April 1992, McPherson menjatuhkan jas melawan Starr dan merilis pernyataan kesalahan atas tuduhan sebelumnya dengan menyatakan, ” They [The New Kids] did sing lead on their vocals “.

Pada saat tuduhan lip-sync tersebar ke permukaan, group ini mulai menerima reaksi yang kurang baik. Meskipun mereka menang menangkis tuduhan McPherson, group ini masih sering dikecam oleh para kritikus atas usaha mereka untuk mempromosikan diri mereka sebagai urban act dan praktek mereka menggunakan vokal dukungan untuk pertunjukan live. Rekor penjualan Group ini juga mulai menurun akibat pergeseran dalam selera musik ke gangster rap dan grunge rock.

1993-1994: Face the Music

Pada tahun 1993, setelah berpisah dari Maurice Starr, mereka memendekkan nama group dengan akronim NKOTB. Pada bulan Januari 1994, album studio keempat mereka, Face the Music, dirilis. Album studio pertama mereka dalam hampir empat tahun, Face the Music, adalah keberangkatan musik dari karya group sebelumnya. Hampir semua lagu ditulis dan/atau diproduseri sendiri oleh group. Meskipun album Face the Music mendapat kritik positif, album ini gagal memenuhi harapan secara komersial. Single dari album ini yang berhasil masuk Billboard Hot 100 adalah “Dirty Dawg” (yang menampilkan cameo rap Nice & Smooth) yang peak di posisi 66. Single berikutnya, “Never Let You Go”, gagal di Chart AS, tapi mencapai posisi 42 di UK Singles Chart dan posisi 18 di chart Kanada.

NKOTB melanjutkan tour untuk mendongkrak penjualan album, tetapi mereka kini tampil di tempat yang lebih kecil seperti klub dan teater, bukan lagi arena atau stadion yang biasa mereka tempati konser. Setelah mengalami gejala serangan kepanikan dan kecemasan, para personel NKOTB tidak bisa menghalau serangan tersebut, dan terutama Jonathan Knight yang lebih dulu meninggalkan band. Tak lama kemudian, empat member yang tersisa memutuskan untuk secara resmi membubarkan group NKOTB.

1995-2007: Break-up

Setelah perpecahan group, sebagian besar anggota group mulai berkeluarga dan membangun usaha di bidang lainnya. Jonathan Knight dan Danny Wood bertahan dengan profil rendah, sementara tiga orang lainnya melanjutkan karir mereka secara individual.

Pada tahun 1999, MTV berusaha untuk menyatukan group kembali dan meminta mereka untuk tampi di VMAs pada tahun itu. Semua anggota berkumpul kembali untuk proyek tersebut, kecuali Jonathan. Akibatnya, rencana performance mereka gagal.

Pada tahun 2004, Aamer Haleem, host Band Reunited VH1, juga mencoba untuk memaksa masing-masing anggota New Kids on the Block bersatu kembali untuk satu malam tampil di pertunjukan. Kali ini Jonathan setuju. Namun, Joey, Donnie, dan Danny semua menolak. Sementara Wood dan Wahlberg menolak kamera wawancara, dan McIntyre menyatakan bahwa satu-satunya cara dia akan tampil dengan band jika group akan membuat keputusan untuk bersatu kembali secara permanen.

2008-2010 Reunion: The Block, Full Service, and other tours

Pada bulan April 2008, setelah berbulan-bulan spekulasi, Donnie Wahlberg mengukuhkan kepada CNN bahwa group akan bersatu kembali dengan rencana untuk merekam materi-materi baru dan juga tour tentunya. Bulan berikutnya, group ini merilis single pertama, “Summertime”. Cover single ini menampilkan nama group “New Kids on the Block” kembali diperpanjang yang sebelumnya disingkat menjadi NKOTB.

Pada tanggal 12 Agustus 2008, mereka merilis single kedua, “Single”, menampilkan penyanyi/penulis lagu R&B Ne-Yo, diikuti dengan merilis album studio pertama group dalam empat belas tahun terakhir, The Block. Album The Block debut di nomor 1 Billboard Top Pop Albums Chart dan berada di pisisi 2 untuk Billboard 200 pada bulan September 2008. Album ini juga bersertifikat Gold pada bulan Oktober 2008 di Kanada.

Tour reuni Group, New Kids on the Block: Live, dimulai di Air Canada Centre Toronto pada tanggal 18 September 2008. Mereka melakukan tour Amerika Serikat dengan Natasha Bedingfield dan Lady GaGa sebagai pendukung aksi panggung. Total 48 konser dijadwalkan untuk Kanada dan Amerika Serikat, sepuluh di Britania Raya, satu di Perancis, satu di Amsterdam – Belanda dan dua di Jerman. NKOTB membiayai tema penjelajahan konser (untuk fans mereka) berangkat dari Miami, Florida ke Bahama mulai dari tanggal 15 sampai tanggal 18 Mei 2009. Group ini juga mengumumkan Full Service Tour untuk tahun 2009, yang menampilkan Jesse McCartney dan Jabbawockeez.

Jordan Knight mengumumkan sebuah petualangan konser baru untuk tahun 2010. Setelah tour, setiap anggota mengambil cuti untuk mengerjakan usaha-usaha lainnya. Baru-baru ini, Joey merekam beberapa lagu yang ditulis dan diproduseri oleh sesama musisi seperti dirinya sendiri, Drew Ryan Scott dari boy band Varsity Fanclub, Brent Paschke, dan Gabe Lopez. Donnie juga telah menyiapkan music miliknya dan baru-baru ini merilis sebuah single berjudul “I Got It” menampilkan Aubrey O’Day (sebelumnya dari Danity Kane) dan “Rise and Grind” yang menampilkan Roscoe Umali. Donnie mengumumkan lewat Twitter-nya bahwa NKOTB akan tour pada musim panas mendatang. Group ini telah mengkonfirmasi tour dunia baru untuk tahun 2010 dan Donnie, Joe, dan Jordan semuanya mengkonfirmasi melalui Twitter kalau mereka akan membawa karya solo mereka ke Britania Raya antara bulan Januari dan Maret 2010 (tidak ada anggota grup yang telah mengkonfirmasi kalau mereka akan berkeliling Inggris pada awal 2010).

Pada tanggal 11 Januari 2010, mereka mengumumkan bahwa NKOTB akan main di Radio City Music Hall di Manhattan pada tanggal 18, 19, dan 2010 untuk pertama kalinya.

Pada tanggal 22 Januari, diumumkan bahwa Seattle, WA (Jan 26); Wheeling, WV (Jan 27), dan New York (Jan 28) semua memenangkan screening pribadi DVD Coming Home melalui kontes “You Demand it” online di eventful.com. DVD tersebut berisi wawancara group, behind-the scenes, dan cuplikan tour lain dari 2 tahun terakhir.

Group members

Jonathan Knight

Meninggalkan dunia hiburan dan memulai karir baru dalam bidang real estate.

Jordan Knight

Pada tahun 1999, Knight merilis album solo self-title, Jordan Knight, melalui Interscope Records. Dia juga mencetak hit 10 besar dengan single “Give It to You”, yang berhasil mendapat sertifikat platinum. Pada musim panas, Knight sebagai pembuka konser *NSYNC. Knight muncul di The Surreal Life VH1 pada tahun 2004, selain itu ia juga muncul di reality show Five : Trust Me – I’m A Rep Holiday, bersama dengan pelawak Inggris Syd Little, Scott Wright (aktor) dan model glamour Jodie Marsh. Pada tahun 2004 Knight merilis album solo kedua berjudul “Jordan Knight Performs New Kids on the Block: The Remix Album”. Pada tahun 2005 Knight merilis album solo ketiganya “The Fix”. Album solo terbarunya “Love Songs” dirilis pada September 2006

Joey McIntyre

Pada tahun 1995, Joey menyelesaikan sebuah film dengan memerankan Matt Hucklebee di The Fantasticks yang tidak dirilis sampai tahun 2000. Album solonya yang pertama, Stay the Same, dirilis pada tahun 1999 di bawah label Columbia Records, berhasil mencetak satu hit 10 besar dengan judul lagu yang sama dengan judul albumnya. Ia selanjutnya merilis beberapa album : Meet Joe Mac di tahun 2001, One Too Many – album kompilasi live pada tahun 2002, dan album pop “8:09” di tahun 2004. McIntyre kemudian secara teratur muncul di acara televisi Fox – Boston Public dan tampil di musikal Broadway termasuk Wicked. Pada tahun 2006, dia adalah seorang pesaing di reality show – Dancing with the Stars dan serangkain tour di tahun 2006 yang ditayangkan secara langsung. Pada tahun 2007, ia membintangi film independen berjudul On Broadway dan merilis album solonya, Talk to Me. Pada bulan November 2009 ia merilis studio album solo kelimanya “Here We Go Again”, mempersembahkan track “Here We Go Again” sebagai single pertama dengan video musik yang menyertainya.

Danny Wood

Danny merintis sebuah label rekaman yang berbasis di Boston, dan melakukan beberapa produksi dan pertunjukan, tetapi sebagian besar usahanya diluar sorotan media. Dia pernah muncul di acara MTV bergabung dalam Totally Scott-Lee menamakan diri mereka Totally boyband, sebagai anggota sebuah group baru bersama mantan anggota boyband Upper Street. Bersama D-Fuse, ia merilis album berjudul Room Full of Smoke di tahun 1999. Pada tahun 2003, ia merilis Second Face, diikuti oleh album Coming Home pada tahun 2007 dan juga album “Stronger: Remember Betty” pada tahun 2009 yang mana untuk mengenang ibunya dan semua hasil dari penjualan album tersebut disumbangkan kepada Komen Foundation. Wood juga adalah seorang sales executive untuk sebuah perusahaan perjalanan jet pribadi bernama Halycon.

Donnie Wahlberg

Donnie mengikuti jejak saudaranya, Mark Wahlberg, menempa karir di dunia akting dan muncul dalam film seperti Ransom (1996), Southie (1998), The Sixth Sense (1999), Dreamcatcher (2003), film seri Saw, dan mini-seri Band of Brothers. Dia telah membintangi dua serial televisi short-lived : Boomtown dan Runaway. Pada tahun 2006 ia muncul di Annapolis dan pada tahun 2007 ia membintangi lawan John Leguizamo di serial TV The Kill Point. Pasangan ini melanjutkan perannya sebagai pemeran pembantu sebagai Al Pacino dan Robert De Niro dalam film Righteous Kill pada tahun 2008.

Former members

– Mark Wahlberg

– Jamie Kelly

Discography

– 1986: New Kids on the Block

– 1988: Hangin’ Tough

– 1989: Merry, Merry Christmas

– 1990: Step by Step

– 1991: No More Games/The Remix Album

– 1994: Face the Music

– 2008: The Block

– 2011: Untitled

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s