Stephen Hawking: Tuhan Tidak Dibutuhkan Untuk Menciptakan Alam Semesta

Hukum-hukum fisika tidak terelakkan dan tidak butuh Tuhan untuk menyulut penciptaan Alam Semesta.

Seperti itu kesimpulan yang dibuat oleh seorang Ilmuwan bernama Stephen Hawking yang telah mengklaim bahwa tidak dibutuhkan kekuatan Ilahi untuk menjelaskan mengapa alam semesta terbentuk.

Dalam buku terbarunya, The Grand Design, sebuah kutipan yang diterbitkan di majalah Eureka dalam The Times, Hawking berkata: “Karena ada hukum seperti gravitasi, Alam Semesta bisa dan akan membentuk dirinya sendiri dari tidak ada. Pembentukan secara spontan adalah alasan adanya sesuatu dari tidak ada, mengapa Alam Semesta ada, mengapa kita ada.”

Dia menambahkan: “tidak perlu memohon Tuhan untuk mejelaskan dan mengatur Alam Semesta berjalan.”

Dalam A Brief History of Time, karya Prof Hawking yang paling terkenal, dia tidak mengabaikan kemungkinan bahwa Tuhan terlibat dalam penciptaan dunia. Dia menulis dalam bukunya tahun 1988: “Jika kita menemukan sebuah teori yang lengkap, terbentuknya alam semesta ini akan dimenangkan oleh nalar manusia – makanya kita harus tahu pikiran Tuhan.”

Dalam buku barunya, ia menolak teori Sir Isaac Newton yang menyatakan bahwa alam semesta tidak secara spontan mulai terbentuk tetapi ada campur tangan Tuhan.

Pada bulan Juni tahun ini Prof Hawking mengatakan kepada serial Channel 4 bahwa secara pribadi  ia tidak percaya kalau Tuhan itu ada. Dia mengatakan kepada Genius of Britain: “Pertanyaannya adalah: Apakah cara alam semesta mulai dipilih oleh Tuhan dengan alasan kita tidak bisa mengerti, atau Apakah itu ditentukan oleh hukum sains? Saya percaya yang kedua. Jika Anda suka, Anda bisa menyebutnya Hukum Ilmu Tuhan (the laws of science ‘God’) tetapi itu tidak akan menjadi Tuhan pribadi yang bisa anda temui dan mengajukan pertanyaan.”

Sampai pensiun tahun lalu Prof Hawking adalah Profesor Matematika di Universitas Cambridge, sebuah tempat tugas yang sebelumnya dipegang oleh Newton.

Buku Hawking tersebut ditulis bersama dengan fisikawan Amerika Leonard Mlodinow dan akan diterbitkan pada 9 September 2010.

– Telegraph.co.uk –

6 responses to “Stephen Hawking: Tuhan Tidak Dibutuhkan Untuk Menciptakan Alam Semesta

  1. love it web page layout . How was it made. It is rather good!

  2. I know this if off topic but I’m looking into starting my own weblog and was curious what all is required to get setup? I’m assuming having a blog like yours would cost a pretty penny? I’m not very internet savvy so I’m not 100% positive. Any recommendations or advice would be greatly appreciated. Thanks

  3. Would you be considering exchanging hyperlinks?

  4. Ping-balik: witchcraft

  5. I am glad this it turned out so well and I hope it will continue in the future because it is so worthwhile and meaningful to the community.

  6. what prof stephen hawking can explain from where original basic material composer universe, if universe not making by good. only a fortunate? so who making destiny that universe making according to fortunate if not good.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s