Sampingan

Goal Mengagumkan Roberto Carlos Yg Kayak Angin Puting Beliung Itu Ternyata “Bukan Kebetulan”

Para Fisikawan telah menjelaskan salah satu goal dari beberapa goal yang paling spektakuler yang pernah terjadi di dunia olahraga sepak bola.

Tendangan bebas pemain asal Brasil Roberto Carlos melawan Perancis pada tahun 1997 melengkung begitu tajam itu membuat kiper Fabian Barthez hanya berdiri diam dan tampak bingung.

Sekarang, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam New Journal of Physics menjelaskan bahwa asumsi lama orang-orang yang menyatakan kalau goal itu adalah kebetulan yang fantastis adalah salah.

Sebuah tim ilmuwan Perancis menemukan lintasan goal dan mengembangkan persamaan untuk menggambarkannya.

Mereka mengatakan, goal itu bisa diulang jika bola ditendang cukup keras, dengan spin yang tepat dan secara krusial mengambil jarak yang cukup jauh dari tujuan.

Roberto Carlos mencetak gol mencengangkan itu saat pertandingan perdana di Tournoi de France, sebuah turnamen sepak bola persahabatan internasional yang diselenggarakan di Perancis menjelang Piala Dunia 1998.

Kurva Lintasan Bola

Banyak pakar menyebutnya sebagai “goal yang menantang ilmu fisika”, tetapi sebuah tulisan baru menguraikan persamaan yang menggambarkan lintasan yang tepat.

“Kami telah menunjukkan bahwa garis edar bola ketika berputar di atas udara adalah spiral,” kata kepala peneliti  dari Ecole Polytechnique, Christophe Clanet, di Paris kepada BBC News.

Dr Clanet menggambarkan garis edar bola itu sebagai “lintasan berbentuk rumah siput”, dengan meningkatnya kelengkungan selama bola berjalan di atas udara.

Karena Roberto Carlos berada 35 meter dari tujuan ketika dia menendang bola, lebih dari lintasan spiral terlihat. Jadi rupanya perlawanan fisik bola itu membelok tajam sebenarnya mengikuti kurva kekencangan alami.

Dr Clanet dan rekannya David Quere sedang mempelajari lintasan peluru ketika mereka membuat penemuan olahraga mereka.

Mereka menggunakan air dan bola plastik dengan kepadatan yang sama dengan air untuk “menyederhanakan masalah”.

Long Flight

Pendekatan ini menghilangkan efek turbulensi udara dan gravitasi dan menunjukkan jalur fisik murni bola berputar.

“Di lapangan sepak bola yang sebenarnya, kita akan melihat sesuatu yang dekat dengan lintasan spiral ideal ini, tetapi gravitasi akan memodifikasinya,” jelas Dr Clanet.

“Tapi jika Anda menembak dengan cukup kuat, seperti Carlos lakukan, Anda dapat meminimalkan efek gravitasi.”

Aspek penting dari serangan keren itu, menurut para ilmuwan, adalah jarak yang harus dilintasi bola itu untuk mengalahkan Fabian Barthez.

“Jika jarak ini kecil,” kata Dr Clanet, “Anda hanya melihat bagian pertama kurva.”

“Tapi jika jaraknya besar – seperti tendangan Carlos – Anda melihat peningkatan kurva. Jadi Anda melihat seluruh lintasan.”

CNN.COM

6 responses to “Goal Mengagumkan Roberto Carlos Yg Kayak Angin Puting Beliung Itu Ternyata “Bukan Kebetulan”

  1. wahh..keren nih..bisa nggak bikin tendangan kayak gitu yah.
    nice post..gan

  2. ohw gitu toh penjelasannya, thank jadi tahu gw

  3. There are certainly a variety of details like that to take into consideration. That may be a great level to deliver up. I provide the thoughts above as general inspiration but clearly there are questions like the one you deliver up the place an important thing can be working in trustworthy good faith. I don?t know if best practices have emerged around things like that, however I’m sure that your job is clearly identified as a fair game. Both boys and girls feel the impact of only a second’s pleasure, for the rest of their lives.

  4. I do trust all the ideas you’ve introduced for your post. They’re really convincing and will definitely work. Still, the posts are too quick for newbies. May you please extend them a bit from next time? Thank you for the post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s