Permukaan Bumi “Tiba-Tiba 11 Kaki Bergeser ke Kanan” Ketika Gempa Mengguncang Selandia Baru (Foto, Info & Fakta Menarik dari Bangunan)

Gempa bumi yang mengguncang sebuah kota di Selandia Baru membuat sebuah patahan baru 11 kaki di permukaan bumi.

Gempa berkekuatan 7,1 skala Richter yang melanda Christchurch, kota negara kedua terbesar, menghancurkan sekitar 500 bangunan dan menyebabkan kerugian diperkirakan sebesar £ 930 Juta.

Tapi ratusan jiwa terselamatkan karena masyarakatnya menaati peraturan menindirikan bangunan dan dilaporkan hanya dua yang terluka.

Retak: Taylor Strowger, 10 tahun, Dari Darfield ke Highfield Road mengamati kerusakan gempa, 30 km barat Christchurch.

Menghancurkan: Seorang pria berjalan di atas jalan rusak di Paiapoi, 13 mil sebelah selatan kota Christchurch setelah terkena gempa bumi hari Sabtu.

Gempa disebabkan oleh tumbukan beruntun antara lempeng tektonik Australia dan Pasifik, kata Profesor Mark Quigley, Universitas Canterbury.

“Salah satu sisi Bumi telah meluncur ke kanan … sampai dengan 11 kaki dan di beberapa tempat telah terdorong,” katanya. “Kami pergi dan melihat dua rumah yang benar-benar patah setengah oleh gempa bumi.”

Gempa juga memutuskan daya listrik di seluruh kawasan, jalan terblokir oleh puing-puing dan pasokan gas dan air terganggu.

Walikota Christchurch Bob Parker mengatakan Daya listrik kembali 90% pulih di Kota tersebut dan pasokan air sudah kembali membaik tetapi hanya untuk 15-20 persen penduduk.

US Geological Survey (USGS) menunjukkan gambar dari ShakeMap Pulau Selatan Selandia Baru Jumat ketika gempa dengan kekuatan 7,2 skala Richter menghantam.

Sebuah seismogram disediakan oleh Geosciences Australia saat gempa bumi pagi hari melanda bagian barat dari selatan kota Christchurch

Toilet Portable telah disediakan dan tangki air bersih yang ditempatkan di sekitar kota. Mr Parker mengatakan akan memakan waktu lama untuk memperbaiki sepenuhnya beberapa layanan utama seperti air dan pembuangan limbah. “Prioritas pertama kami adalah penduduk,” katanya. “Itu yang kami khawatirkan.”

Fakta Menarik adalah tidak ada yang tewas saat gempa karena kode bangunan yang ketat.

“Selandia Baru memiliki aturan bangunan yang sangat baik yang berarti bangunan tersebut kuat dibandingkan dengan, katakanlah, di Haiti,” kata Profesor Martha Savage Victoria University di ibukota Wellington.

“Ini tentang gempa ukuran yang sama dengan Haiti, tetapi kerusakan lebih sedikit. Meskipun cerobong asap dan beberapa fasad tua turun, struktur yang baik dibangun.”

Selandia Baru terletak di sepanjang persimpangan antara lempeng tektonik Australia dan Pasifik

Lempeng Pasifik secara bertahap didorong di bawah lempeng Australia, yang menyebabkan gempa bumi dasyat

Sebuah jembatan tetap di atas Sungai Avon di Avonside, Christchurch. Sebuah cerobong rusak parah di Kilmarnock Street.

Puing-puing jalan: Para ahli mengatakan jumlah cedera sedikit saat gempa kuat menghantam karena kode bangunan negara ketat.

Seorang pria memotret bangunan yang rusak di kota Selandia Baru terbesar kedua di Christchurch

Dekan Anglikan dari Christchurch, Pendeta Peter Beck, menambahkan: “Terima kasih Tuhan untuk memperkuat gempa sepuluh tahun yang lalu.”

Perdana Menteri John Key mengatakan ini adalah sebuah keajaiban, tidak ada yang tewas. Dia meletakkan kode bangunan dan karena gempa yang terjadi tepat sebelum fajar pada hari Sabtu.

“Jika ini terjadi lima jam sebelumnya atau lima jam kemudian akan ada pembantaian mutlak dalam hal kehidupan manusia,” katanya. “Beberapa bagian dari kota tampak seperti telah dimasukkan ke dalam pengering jungkir balik.”

90 petugas polisi tambahan telah terbang ke Christchurch untuk membantu dan tentara akan bergabung dalam upaya pemulihan hari ini. Tim rekayasa/Engineering telah mulai menilai kerusakan di semua titik area.

Bangunan yang tidak stabil berdiri di Columbo Street: Pertahanan Sipil menyatakan keadaan darurat dan ada kerusakan besar di kota dan daerah sekitarnya.

Seorang pekerja menggunakan selang dekat air utama saat ia bekerja di dekat sebuah lubang besar di sebuah jalan di kota Selandia Baru terbesar kedua.

Membangun kembali infrastruktur seperti jalan, air dan sistem pembuangan air kotor “akan menjadi biaya utama” yang pemerintah harus penuhi.

Sekolah di seluruh wilayah akan tetap ditutup selama dua hari mendatang untuk memberikan waktu untuk memeriksa apakah mereka aman.

Roger Bates, peternak sapi di Darfield dekat dengan pusat gempa 19 mil dari barat kota Christchurch, mengatakan bahwa patahan baru merobek permukaan di seluruh tanahnya. “Lahan peternakan sapi perah secara keseluruhan seperti laut sekarang, dengan gelombang tanah nyata di seluruh lahan peternakan.”

“Kami tidak melihat lubang fisik (tapi) di mana patahan tersebut lewat telah mengangkat permukaan satu meter atau setengah meter.”

Selandia Baru mencatat lebih dari 14.000 gempa bumi setahun, tapi hanya sekitar 150 yang dirasakan oleh warga. Kurang dari sepuluh tahun tidak ada kerusakan apapun.

Gempa terakhir Selandia Baru berkekuatan besar 7,8 skala Richter dan menghantam Pulau Selatan wilayah Fiordland pada tanggal 16 Juli 2009, ujung selatan dari negara itu bergeser 12 Inchi lebih dekat ke Australia.

– DailyMail.Co.Uk –

10 responses to “Permukaan Bumi “Tiba-Tiba 11 Kaki Bergeser ke Kanan” Ketika Gempa Mengguncang Selandia Baru (Foto, Info & Fakta Menarik dari Bangunan)

  1. Hebat ya, tidak ada korban jiwa..
    Seperti apa sih bangun rumahnya?

  2. Kayaknya sih rumah2 di sana cuma retak atau pincang aja, tidak sampai rata dengan tanah, jadi saat gempa orang di dalam rumah masih sempat kabur. coba deh lihat deh gambarnya, bangunan masih berdiri kokoh. Jembatan juga masih tetap berada di atas sungai meski kelihatan terseok-seok.

    Semua itu karena masyarakatnya tidak asal mendirikan bangunan.

  3. ngeri bgt akibat gempanya ya bro…

  4. duh,……..ngeri banar…tapi syukur dah kadada korban jiwa..

  5. Simply tremendous things here. I am very glad to peer your post. Thanks so much and i am taking a look forward to contact you. Will you kindly drop me a e-mail?

  6. I’m glad I found a site that deals with the same thing I’m dealing with. I always read the whole article and keep an eye on other comments too before commenting myself. In this way i have found some good Blog that I now follow beyond the purpose of getting links from them. For example, this is my fifth visiting your homepage. I always fond of the content and the way you write .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s