Chelsea Kate Isaacs: Aku Tidak Meminta Perusahaan Membantu Mendapatkan Nilai Bagus

Steve Jobs yang dikenal selalu mengirimkan balasan email singkat kepada para pelanggan Apple, baru-baru ini mengalami insiden dengan seorang mahasiswa jurnalis dari Long Island University, yang memiliki beberapa pertanyaan tentang iPad Apple.

Menurut PC Magazine, seorang mahasiswa tersebut bernama Chelsea Kate Isaacs, mendapat tugas untuk mengajukan beberapa pertanyaan seputar penggunaan iPad. Isaacs mengatakan dia menelepon PR department Apple sampai beberapa kali hanya untuk mengutip beberapa penjelasan dari perusahan Steve Jobs tersebut. Namun, tak satu pun telepon yang ditanggapi, jadinya dia melakukan apa yang banyak pelanggan Apple lakukan sebelumnya: Dia mengirim email langsung kepada sang CEO superstar, Steve Jobs.

Berikut adalah isi email yang dikirim oleh Isaacs berdasarkan Gawker.com:

“Mr. Jobs, saya dengan rendah hati bertanya mengapa Apple begitu sangat memperhatikan kebutuhan para siswa, tentang apa yang terbaru, penemuan terbesar atau layanan bantuan pelanggan perusahaan, namun, ironisnya, Media Relations Department tidak menjawab pertanyaan saya, padahal saya telah berulang kali mengatakan kepada mereka, penting untuk performa akademis saya.”

Steve Jobs:

“Tujuan utama kami tidak termasuk membantu Anda mendapatkan nilai yang baik. Maaf.”

Marah dan terkejut dengan tanggapan dari Jobs, Isaacs menulis lagi, menjelaskan bahwa ia hanya ingin komentar dari perusahaan, bukan meminta perusahaan membantu mendapatkan nilai yang baik. Jobs menjawab, menjelaskan bahwa perusahaan tidak bisa menanggapi semua orang. “Kami memiliki lebih dari 300 juta pengguna,” tulis Jobs, “dan kami tidak bisa menanggapi permintaan-permintaan mereka kecuali mereka punya beberapa masalah yang serupa. Maaf.”

Isaacs menulis kembali menjelaskan bahwa dia adalah seorang pelanggan Apple yang punya masalah (dengan departemen PR (Press Releases)/humas yang tidak mau bicara dengannya). Jobs menjawab: “Silahkan tinggalkan kami sendirian.”

Respon Jobs tersebut mungkin terdengar mengejutkan bagi mereka yang tidak terbiasa dengan gaya email Jobs. Namun, itu sebenarnya setara dengan beberapa “greatest hits.” Alamat email pribadi Jobs dikenal baik di situs apple, dan orang bertanya kepadanya sebelum berkomentar.

Menurut buzz.yahoo.com, mereka bertanya langsung kepada Isaacs, yang meyakinkan mereka bahwa balas-membalas email tersebut “absolutely true” (benar-benar BENAR :-)), mereka mencoba menghubungi departemen Media Relations Apple dan tidak segera dijawab. Tapi TechCrunch tidak begitu yakin.

Sebuah website, Emailsfromsteve.com, mengumpulkan beberapa pesan yang lebih lazim dikenal. Mereka (Apple) biasanya cepat, to the point, dan tidak kasar. Salah satu yang menjadi favorit adalah ketika seorang pelanggan menulis kepada Jobs, mengeluh seputar logo iTunes baru, yang ia percaya tidak sebagus yang lama. Steve Jobs hanya menjawab dengan dua kata: “We disagree.” (Buzz.Yahoo.com)

ImRoee – Serupa dengan cerita di atas, saya dan seorang teman saya pernah membawa surat ke PLN untuk meminta izin mengambil data-data yang berhubungan dengan Sitem Tenaga Listrik di Kota saya, demi tugas kuliah Kendali Sistem Tenaga Listrik. Yang sangat mengejutkan adalah ketika kami belum sempat menjelaskan maksud kedatangan kami, tiba-tiba seorang pegawai yang kami temui di kantor berkata “Mau minta sumbangan?”. Saya benar-benar tidak percaya apa yang baru saya dengar dan hampir saja berkata “apa kami terlihat seperti muka-muka peminta sumbangan?” Tapi teman saya itu dengan segera menjelaskan maksud kedatangan kami. Hasilnya? Kami harus menunggu beberapa hari ke depan sampai kami menerima surat balasan dari PLN.

Ketika kami keluar dari ruangan, saya pun berkata kepada teman saya “Mudah-mudahan pegawai tadi itu hanya bercanda”. Mungkin, mereka bercanda atau punya selera humor yang terlalu tinggi tapi tampaknya mereka sering melakukannya. Sekarang bukan soal data lagi tapi masalah ucapan pegawai tersebut, sama hal dengan Chelsea Kate Isaacs yang tidak mempermasalahkan produk-produk dari Appel tapi karena departemen humas yang tidak mau bicara dengannya.

3 responses to “Chelsea Kate Isaacs: Aku Tidak Meminta Perusahaan Membantu Mendapatkan Nilai Bagus

  1. Ping-balik: Steve Jobs Membalas Email Seorang Murid Dengan Kasar ? What Happened With You , Steve? | uniqpost

  2. Ping-balik: Steve Jobs Membalas Email Seorang Murid Dengan Kasar ? What Happened With You , Steve? » Chelsea Kate Isaacs Aku Tidak Meminta Perusahaan Membantu Mendapatkan Nilai Bagus, Steve Jobs, Chelsea Kate Isaacs, ImRoee , yang, Jobs, Tidak, kami, saya, dengan,

  3. It is good every time i stumble on a very good post like that . Getting a bit tired with the poor quality posts a few bloggers jot down on their weblogs. Hold it up. You now have a normal visitor now!

Tinggalkan Balasan

